Puluhan Poklahsar Dilatih Olahan Ikan

Reporter : Syamsul Akbar

KRAKSAAN – Sedikitnya 30 orang Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) yang merupakan wanita nelayan di Kecamatan Kraksaan mendapatkan pelatihan olahan ikan dari Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo di Pesanggrahan Semampir Kecamatan Kraksaan, Selasa (17/10/2017).
Kasi Pembinaan Usaha dan Kelembagaan Diskan Kabupaten Probolinggo Fonny Sukma Apsari menyampaikan bahwa kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya pembinaan kepada poklahsar untuk melakukan diversifikasi produk olahan dalam rangka peningkatan kelas kelompok perikanan.
Dimana tujuannya adalah memberikan pelatihan olahan ikan bagi poklahsar untuk meningkatkan pengetahuan poklahsar mengenai diversifikasi olahan produk perikanan dan meningkatkan pendapatan, katanya.
Sementara Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi melalui Kepala Bidang Bina Usaha Perikanan Diah Sri Wahyu Puji Astuti mengatakan bahwa saat ini perkembangan pengolahan perikanan di Kabupaten Probolinggo semakin berkembang pesat. Tidak hanya dari jumlah pengolah, tetapi juga jumlah produksi yang dihasilkan.
“Sumber daya ikan di Kabupaten Probolinggo sangat melimpah. Biasanya mereka memanfaatkan semua jenis ikan untuk diolah dan dipasarkan kepada masyarakat. Terlebih saat ini pangsa pasar hasil pengolahan perikanan ini sangat menjanjikan, ungkapnya.
Pelatihan ini diberikan dalam rangka untuk peningkatan kapasitas kelembagaan pelaku utama perikanan. Dalam pelatihan ini para Poklahsar ini mendapatkan materi tentang kiat menghadapi persaingan pasar serta praktek pembuatan olahan ikan berupa rolade dan martabak seafood. (wan/
Share on Google Plus

About Redaksi 1

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar